Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KABUPATEN TOBA SAMOSIR

A. PANDANGAN UMUM

Kabupaten Toba Samosir secara feografis terletak diantara 980 10'-990 10'Bujur Timur dan 20 06'-20 39' Lintang Utara. Kabupaten Toba Samosir secara administratif terdiri dari 10 kecamatan dengan 170 desa dan 13 kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Toba Samosir adalah 2.21,80 Km2, dengan jumlah penduduk 176.757 jiwa.

B. SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana yang tersedia di Kbaupaten Toba Samosir adalah sarana perhubungan darat, angkutan sungai dan danau, selain itu juga tersedia fasilitas listrik, telekomunikasi dan air bersih.

C. INDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL POTENSI SUMBERDAYA KOMODITI

Tanaman Pangan
Diantara komoditi tanaman pangan yang diusahakan secara menonjol di Kabupaten Toba Samosir adalah padi dan jagung. Produksi kedua komoditi tersebut meningkatkan pesat pada tahun terakhir.

Tanaman buaha-buahan
Tanaman buah-buahan yang potensial yang diusahakan masyarakat Toba Samosir diantaranya alpukat, jeruk dan durian.

Tamanan Perkebunan
Produksi kelapa sawit dan jahe masing-masing 5.442 ton dan 5.581,8 ton per tahun.

Peternak
Jenis ternak yang telah banyak dikembangkan di Kabupaten Toba Samosir yaitu kerbau, babi, sapi, kambing dan itik. Besarnya populasi ternak di Kabupaten Toba Samosir menunjukan bahwa untuk ternak ruininansia besar yang dominan adalah kerbau, untuk ruininansia kecil adalah babi dan untuk jenis unggas adalah itik. Sesuai dengan habitatnya dan tanggap masyarakat maka jenis-jenis ternak tersebut menjadi alternatif untuk dikembangkan.

Perikanan
Kabupaten Toba Samosir memiliki wilayah Danau Toba yang sangat potensial untuk pengembangan perikanan baik tangkap maupun budidaya. Data statistik menunjukkan bahwa sebagian besar produksi ikan di kabupaten ini adalah hasil budidaya jaring apung ataupun penangkapan di peraiaran danau. Dari kedua data produksi di Kabupaten Toba Samosir tersebut terlihat bahwa danau Toba merupakan lahan potensial untuk pengembangan perikanan.

Pariwisata
Selain potensial untuk pengembangan perikanan, Danau Toba juga merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Pulau Sumatera. Jumlah wisatawan asing pernah mencapai 249.656 orang pada tahun 1996 walaupun pada tahun-tahun belakangan ini terjadi penurunan.penurunan yang sangat tajam pada kunjungan wisata tersebut disebabkan oleh krisis keamanan yang menyertai krisis ekonomi di indonesia serta ditutupnya pabrik Pulp PT. Indorayon yang melibatkan investor asing. Walupun demikian dengan keindahan alam dan kekhasan budaya yang ada Danau Toba tetap merupakan objek wisata yang menarik.

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGKAN

Dari analisis potensi dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah kabupaten toba samosir, maka komoditi unggulan yang akan dijadikan profil komoditi ialah :
- Produksi Jahe
- Produksi Jagung
- Keramba Jaring Apung Ikan Nila
- Peternakan Babi
- Wisata Danau Toba


 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu