Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
 

KABUPATEN NIAS SELATAN
Kabupaten Hasil Pemekaran

A. PANDANGAN UMUM

Kabupaten Nias Selelatan Terletak Pada 10°  LU Dan 97°  45' BT, secara adiministraif terdiri dari 8 Kecamatan, 214 Desa dan 2 Kelurahan, luas wilayah  ±  1.825,2  Km dengan jumlah penduduk 266.592 Jiwa

 

B. SARANA DAN PRASARAN

Kabupaten Nias Selatan memiliki sarana dan prasarana darat, laut, listrik telekomunikasi dan air bersih

 

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL

Kabupaten Nias Selatan memiliki bidang usaha potensial yang meliputi sektor parawisata, kelautan, perikanan dan pertanian

 

Parawisata

Segitiga Emas merupakan salah satu objek wisata di kabupaten Nias Selatan yang memiliki obkek wisata terlengkap dan mampu mengisi devisa negara.

 

Kelautan / Perikanan

Salah satu penghasil ikan yang terbanyak disebelah barat Indonesia, tersebar di kecamatan pulau-pulau Batu dan Hibala yang merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Nias Selatan, sehingga diperlukan tpi dan pabrik pengalengan ikan.

 

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAKDIKEMBANGAKAN

Bidang usaha unggulan yang perlu dikembangkan di kabupaten Nias Selatan diantaranya adalah bidang parawisata, kelautan, perikanan, peternakan, dan transportasi laut.

 

Sektor Parawisata

Kabupaten Nias Selatan sangat berpotensi sebagai objek wisata bahari terutama selancar dan wisata alam yang sangat perlu untuk dikembangkan karena salah satu sumber devisa Negara.

 

 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu