Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KABUPATEN KARO

A. PANDANGAN UMUM
Kabupaten karo secara geografis terletak diantara 2 0 55'-3 0 19' LU dan 97 0 55'-98 0 38' BT. Kabupaten Karo secara administratif terdiri dari 13 Kecamatan, 14 Kelurahan dan 248 desa. Luas wilayah Kabupaten Karo adalah 2.127,25 Km 2 atau 212.725 Ha, dengan jumlah penduduk 289.250 jiwa.

B. SARANA DAN PRASARANA
Di kabupaten Karo tersedia sarana dan prasaranatransportasi darat, listrik, telekomunikasi dan air bersih.

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL
POTENSI SUMBER DAYA KOMODITI
Sektor-sektor yang berpotensi untuk dikembangkan di Kabupaten Karo yaitu sektor pertanian dan industri yang berbasis pertanian.

Komoditi Sayuran
Komoditi sayuran utama yang diusahakan di Kabupaten Karo adalah Kentang, Kubis, Wortel, Tomat, Buncis Bawang dan Bawang Putih.

Tamanan pangan
Komoditi jagung merupakan komoditi yang paling menonjol diantara tanaman pangan yang ada. Produksi jagung pada beberapa tahun terakhir mencapai 293.594 ton.

Tanaman Buah-buahan
Tanaman buaha-buahan yang diusahakan cukup besar di Kabupaten karo adalah jeruk dan marquisa dengan produksi masing-masing pada tahun 2002 mencapai 337.143,60 ton dan 11.889 ton.

Peternakan
Ternak ruininansia besar seperti sapi dan kerbau serta ternak kecil seperti babi dan kambing paling banyak dipelihara oleh masyarakat tanah Karo disamping ternak unggas seperti ayam dan itik.

Perikanan
Perikanan yang telah berkembang di kabupaten Karo adalah budidaya ikan air tawar dan penangkapan ikan air tawar. Budidaya ikan tersebut dilaksanakan di kolam di cek dam atau waduk dengan sistem keramba jaring apung.

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGKAN
KOMODITI UNGGULAN
Dari analisis potensi dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Karo, maka komoditi unggulan yang akan dijadikan profil komoditi ialah :

  • Produksi Kentang
  • Jagung
  • Industri Pengolahan Jeruk
  • Peternakan babi
  • Jaring apung ikan Nila
  • Ternak sapi potong
 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu