Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KABUPATEN DELI SERDANG

A. PANDANGAN UMUM
Kabupaten Deli Serdang secara geografis terletak diantara 2 0  57'-3 0 16'LU dan 97 0 52'-98 0 45'BT secara administratif terdiri dari 22 Kecamatan, 2 perwakilan Kecamatan dengan 379 Desa dan 15 kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Deli Serdang adalah 2.394,62 Km 2 atau 2.394,462 Ha, dengan jumlah penduduk 1.463.031jiwa

B. SARANA DAN PRASARANA
Kabupaten Deli Serdang memilik sarana dan prasarana transportasi berupa jalan darat dan kereta api. Disamping itu didukung oleh sarana dan prasarana utama lainnya seperti listrik, telekomunikasi, air bersih dan Kawasan Industri Medan ( KIM ) Star dan Kawasan Industri Medan ( KIM ) II

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL
Bidang usaha yang mendapat prioritas Pemerintah Daerah untuk dikembangkan mencakup 4 sektor yaitu sektor industri, sektor perikanan, sektor perkebunan dan sektor pertanian.

Industi Pengolahan Jagung (Pakan Ternak)
Luas tanam dan produksi jagung di kabupaten Deli Serdang terus meningkat. Produksi jagung sebedar 785.723 ton pertahun menunjukkan potensi pengolahan bahan baku yang cukup besar untuk industri pakan ternak.

Industri Pengolahan Karet (Crumb Rubber)
Produksi karet di Kabupaten Deli Serdang sebesar 11.661 ton per tahun dengan pertumbuhan rata-rata 0,84 %.

Industri Pengolahan CPO
Produksi TBS (tandan buah segar) kelapa sawit di Kabupaten Deli Serdang meningkat pesat pada beberapa tahun terakhir.

Industri Pengolahan Ubi Kayu
Produksi ubi kayu di Kabupaten Deli Serdang sebesar 1238.232 ton pertahun dengan luas tanam 19.337 Ha.

Usaha Budidaya Tambak Udang
Terdapat 6 Kecamatan di Kabupaten Deli Serdang yang berpotensi untuk pengembangan tambak udang yaitu Bandar Kalifah, Tanjung Beringin, Teluk Mengkudu, Hamparan Perak, Labuhan Deli, Percut Sei Tuan. Tingkat kesesuaian lahan dan kualitas air cukup air untuk pengembangan budidaya tambak udang windu.

Usaha Budidaya Tembakau Deli
Daerah Deli Serdang terutama di sekitar sungai Ular telah terkenal sejak zaman Belanda sebagai sentral tembakau Deli. Tembakau Deli sangat terkenal karena kualitasnya sangat baik untuk cerutu yaitu sebagai pembalut (deg blad). Pusat pasar tembakau cerutu Deli masa lalu di Bremen Jerman. Dengan demikian tembakau Deli adalah potensi lokal yang khas untuk Kabupaten Deli Serdang. Potensi tersebut adalah potensi kesesuaian lahan di daerah ini yang dapat menghasilkan kualitas tembakau yang sangat baik.

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGKAN
Hasil dari penelaahan potensi yang ada di Kabupaten Deli Serdang dengan prioritas pembangunan daerah serta keterkaitan antara sektor pertanian dengan sektor industri, menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi atau industri yang termasuk layak untuk dikembangkan adalah

•  Budidaya tambak udang
Tambak udang merupakan suatu usaha yang memiliki keunikan tersendiri, sehingga memerlukan suatu sentuhan dan manajemen khusus. Modal yang besar dengan resiko yang juga besar sangat sebanding dengan nilai ekonomi yang dapat dihasilkan. Pengembangan udang windu jenis tiger merupakan suatu pilihan yang tepat bagi daerah pesisir Deli Serdang.

•  Industri oleokimia
Kedekatan dengan pusat kota dan penduduk yang besar merupakan pasar yang potensial bagi produk oleokimia. Selain untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri, industri oleokimia merupakan salah satu industri yang masih memiliki peluang pasar ekspor. Kemudahan akses keluar sangat mendukung industri ini. Industri lain yang juga mempunyai peluang pasar yang luas adalah industri dengan bahan baku CPO .

•  Industri pakan ternak
Pakan ternak sangat dibutuhkan jika bidang peternakan akan dikembangkan, sebab kelangkaan pakan menjadi salah satu sebab kegagalan industri peternakan. Ketersediaan bahan baku dari daerah sekitarnya akan menjamin lancarnya indutri pakan di Deli Serdang.

•  Produksi tembakau Deli
Tembakau Deli adalah jenis tembakau yang memilik kualitas khusus sebagai pembungkus cerutu (bukan rokok). Pasar yang terbuka bagi cerutu akan berpengaruh terhadap permintaan tembakau cerutu dengan kualitas khusus. Pembinaan teknik budidaya dan manajemen yang baik sangat dibutuhkan dalam produksi Tembakau Deli

 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu