Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
 

Selasa, 3 September 2013

Gubsu: Bangun Indonesia Lebih Baik dari Keluarga

Medan, 2/9 - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pojo Nugroho ST MSi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho menghadiri acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Sumut yang digelar di Auditorium Universitas Negeri Medan, Senin, (2/9).

Gubernur Sumut memotivasi ribuan anak yang hadir untuk semangat menjadi anak yang beriman, jujur, disiplin, cerdas, sehat dan kuat serta bersahabat.

"Ayo semangat dan ceria, terus bermain dan belajar giat agar bisa menjadi penerus bangsa ini. Kelak kalian akan menggantikan kita sebagai Gubsu dan Wagubsu, 10-20 dan 30 tahun yang akan datang," tegas Gubsu yang disambut sorak sorai penuh semangat anak-anak yang hadir.

Menurut Gubsu, semua pasti berubah yakni dari kecil menjadi remaja dan menjadi dewasa serta menjadi orang tua. "Kalian dari sekolah SD, SMPN, SMA hingga masuk ke perguruan tinggi atau akademi militer. Tetapi yang harus digarisbawahi anak-anak saat ini harus punya semangat tinggi menjadi pengganti-pengganti kami yang jauh lebih baik lagi," tekannya .

Gubsu menilai, di usia yang masih kuat ingatannya harus dimanfaatkan untuk belajar, belajar dan terus belajar.

Tema HAN tahun ini adalah Indonesia ramah dan peduli anak diawali dari pengasuhan dalam keluarga. Untuk itu atas nama pemerintah dan masyarakat, Gubsu mengajak semua Bupati dan Walikota berkomitmen untuk mewujudkan kabupaten dan kota layak anak. Bagaimana berat dan keterbatasan yang dialami tiap kabupaten dan kota, tidak boleh mengurangi semangat juga tekad untuk menjadikan kabupaten kota yang dipimpin jadi tempat tumbuh kembang dan belajar terbaik untuk anak-anak.

Di Sumatera Utara, pada tahun 2010 ada delapan kabupaten kota yang meneken Kota/Kabupaten Layak Anak, sementara di tahun 2012 ada 7 kabupaten kota.

Dan tahun 2013 ini ada 8 kabupaten kota yang menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang kerjasama pencapaian kinerja di bidang pembangunan kesejahteraan dan perlindungan anak untuk mewujudkan kabupaten kota layak anak di Provinsi Sumut.

"Artinya sudah dilakukan 23 kabupaten kota se-provinsi Sumut, untuk itu kepada para bupati dan walikota serta pimpinan SKPD Provinsi Sumut saya berharap komitmen ini menjadi bagian dari komitmen kita dan mari kita mempersiapkan calon-calon pemimpin bangsa yang bermamfaat, berguna bagi orang tuanya, agama, bangsa dan negara tentu adalah anak anak kita," ucap Gubsu.

Untuk mewujudkan negara yang lebih baik dalam segala sektor menurut Gubsu harus dimulai dari basis terkecil bernama keluarga. Di lingkup terkecil ini, dengan penuh kesadaran bisa membangun provinsi Sumut dan Indonesia. Bangun Indonesia yang unggul dengan menanamkan nilai-nilai positif seperti keimanan, jujur, disiplin, cerdas, sehat, kuat dan bersahabat.

"Karena ciri waktu adalah sesuatu yang tak bisa terulang dan terulang. Maka di masa anak-anak seperti kalian yang masih segar pikirannya, masih bugar fisiknya mari kita bangun Provinsi Sumut dengan jadi yang terbaik mulai dari hal-hal kecil. Misalnya mulai di kelas masing-masing dengan belajar tekun dan giat untuk menjadi juara," harapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Setdaprovsu yang juga Ketua Panitia Drg Iis Faizan Hanum MKes melaporkan, tujuan kegiatan tersebut adalah merupakan upaya meningkatkan dan menggugah peran serta pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

"Tujuan lain adalah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak sesuai peraturan perundang-undangan," katanya.

Acara puncak peringatan HAN Perovsu ini dihadiri lebih kurang 1.000 orang anak dan pemdampingan guru yang terdiri dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, anak jalanan, anak panti asuhan, anak SLB E, anak bermasalah hukum, anak berkebutuhan khusus dan forum anak North Sumatera.

"Sebelum acara puncak HAN Provsu tahun 2013 telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegaiatan antara lain, Penguatan Forum Anak North Sumatera di Medan, nonton bareng gratis film coboy Junior bersama Gubsu dan 537 anak yang difasilitasi pemprovsu, sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat, seminar tentang 'kawin muda, nggak la yau' lomba mewarnai bagi anak berkebutuhan khusus sebanyak 200 anak, dialog interatif di TVRI , jambore anak Sumut di candika pramuka Medan Johor, fertival Film Anak dan bakti sosial berupa santunan kepada 280 orang anak jalanan dan anak terlantar," katanya melaporkan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Pengerak PKK Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, Pangkosek Hanudnas III Medan, Marsekal Pertama TNI Sungkono SE MSi, Danlanud Soewondo Medan Kolonel Pnb SM Handoko SIP, bupati/walikota se-Sumut dihadiri bupati Nias Induk, Wakil Bupati Tapteng, Bupati Labura, Bupati Samosi yang diwakili kadis pendidikan Samosir, dari Rektorat hadir pembatu rektor 1 Universitas Negeri Medan, Mewakili Kapolda, Mewakili Pangdam 1/BB, Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan SKPD Provinsi Sumut serta tokoh masyarakat.

(Humas Pemprovsu)-(Er)


Berita ini sudah dibaca sebanyak 109 kali
----------

5 PERINTAH HARIAN GUBSU

1. Perkokoh iman, jaga etika dan perkuat soliditas korps pegawai negeri sipil;

2. Junjung tinggi empat pilar kebangsaan dan pertahankan netralitas;

3. Cintai pekerjaan, taat prosedur, patuhi hukum dan disiplin waktu;

4. Ramah dan bersahabat dalam melayani masyarakat;

5. Hidup bersahaja, cintai keluarga dan menjadi motivator ditengah masyarakat;
lakip
lakip
pergub pupuk

LINK TERKAIT

polri
indonesia
depdagri
mempan
kemkominfo
bappenas
kpu
lakip
bps
bkkbn
kip
dprdsu

CARI BERITA

 
 

©2003 - 2010 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu. All right reserved. For any comments or questions please contact us