HUT ke-20 Tobasa di Habinsaran, Ini Pesan Edy Rahmayadi ke Darwin Siagian

Tobasa, 10/3 - Menghadiri perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) di Kecamatan Habinsaran, Sabtu (9/3), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan pesan pembangunan kepada Bupati Darwin Siagian.

“Saya dengan Pak Darwin Siagian (Bupati Tobasa) sudah lama kenal. Kami pernah sama-sama bertugas di Merauke. Saat itu saya menjabat sebagai Danrem di sana,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

Menurutnya kondisi di Merauke saat itu, hampir sama dengan di Habinsaran Tobasa, yang masih perlu ada perbaikan dari saat ini. Selain kondisi perbukitan, kecamatan ini juga berada jauh di perbatasan Labuhanbatu, dengan nenempuh perjalanan sekitar 1,5 jam mengunakan roda 4 dari Simpang Silimbat/Jalinsum. “Kurang lebih kondisinya di sana (Merauke) seperti ini,” sebut Edy Rahmayadi.

Atas dasar pengalaman itu, Gubernur Edy berpesan kepada Bupati Tobasa Darwin Siagian, agar benar-benar mengelola pemerintahan dan bekerja untuk kepentingan rakyat banyak. Dengan begitu, kondisi di Kecamatan Habinsaran, Borobor dan Nasau (Habornas) bisa jauh lebih baik. Apalagi komoditi pertanian menjadi andalan perekonomian masyarakat di sana.

“Jadi Bang Darwin ini sudah tahu bagaimana kondisi di sana (Merauke). Kalau tak bisa juga daerah ini lebih baik dari sebelumnya, ya sudah, kita minta Abang kembali lagi ke sana,” ucap Edy Rahmayadi sambil tersenyum.

Namun harapan itu bukan tanpa alasan. Edy Rahmayadi melihat sosok Darwin Siagian bersama sang Wakil Bupati Hulman Sitorus begitu kompak membangun daerahnya. Meskipun kemampuan keuangan terbatas, skala prioritas bisa ditentukan demi pembangunan untuk rakyat.

“Saya mau datang lagi ke sini, bukan seremonial seperti ini. Supaya kita tahu, apa yang bisa kita mulai dari sini (pembangunan),” tegasnya.

Begitu juga Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampaikan apresiasinya karena perhatian Gubernur kepada kabupaten/kota di Sumut, khususnya Tobasa. Apalagi katanya, dari Habornas, suara cikal bakal mekarnya kabupaten ini dari Tapanuli Utara muncul pada 21 tahun silam.

“Karena Habornas ini, luas wilayahnya sepertiga dari luas Tobasa. Ini termasuk yang terbesar,” ucapnya.

Bahkan sempat salah seorang pemuka adat setempat menyatakan bahwa Habornas merasa sudah ‘merdeka’ karena selama 20 tahun, baru kali ini didatangi Gubernur Sumut. Karena itu pula, belasan ribu warga yang memadati acara perayaan tersebut, antusias menyaksikan pesta yang terus digilir setiap tahunnya secara bergantian.

Pemotongan kue ulang tahun pun menjadi tanda puncak peringatan tersebut, setelah sebelumnya pertunjukan seruling oleh pelajar SMP ditampilkan.

Turut hadir mendampingi Gubernur, Ketua TP-PKK Sumut Hj Nawal Edy Rahmayadi, Sekdaprov Sumut Sabrina, Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Abdul Haris Lubis, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Dahler Lubis, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Azhar Harahap, serta Kadis Sosial Rajali.

 

 

(Humas Provsu)-(Riva)

Tambahkan komentar


Kode keamanan
Refresh

Indeks Berita

© 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara