Lima Sasaran Utama Pembangunan Sumut dalam RPJMD 2018-2023

Medan, 26/12 - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi menyampaikan, ada lima sasaran utama pembangunan Sumatera Utara (Sumut) yang ingin dicapai pada akhir periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2023.

“Sasaran utama pembangunan Sumut ini, kita harapkan bisa mewujudkan Sumut yang maju, aman, dan bermartabat,” kata Sabrina, saat membuka Acara Penajaman dan Sinkronisasi RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018-2023 Terhadap Visi-Misi, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Standard Pelayanan Minimal (SPM), dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), di Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan, Rabu (26/12).

Kelima sasaran utama ini, kata Sabrina, yakni pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7 persen dan angka inflasi diharapkan pada kisaran 2,75 persen plus minus 1 persen. Kemudian, penurunan angka kemiskinan menjadi 7,39 persen, penurunan tingkat pengangguran terbuka menjadi 5,1 persen, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 73,32 persen, dan terakhir peningkatan pemerataan pendapatan melalui capaian indeks gini menjadi 0,305.

“Untuk mewujudkan ini semua, tentunya tidak dapat dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) sendiri. Diperlukan kerja bersama antara pemerintah, pemerintah daerah, perguruan tinggi, swasta, dan masyarakat. Untuk itu, hari ini saya minta semua yang hadir di sini untuk memberikan masukan dan saran demi kesempurnaan penyusunan RPJMD kita,” tutur Sabrina.

Sabrina menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting artinya dalam rangka menghimpun masukan dan saran untuk penyempurnaan dan sinkronisasi rancangan awal RPJMD Provinsi Sumut tahun 2018-2023 dengan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, KLHS, Prioritas Nasional, Pencapaian Target SPM, serta TPB.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumut sekaligus Ketua Panitia Ir H Ardan Noor MM menyampaikan bahwa Penajaman dan Sinkronisasi RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018-2023 dilaksanakan dalam rangka untuk memperoleh masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018-2023.

“Beberapa tahapan telah kita laksanakan dalam rangka proses penyusunan RPJMD Tahun 2018-2023 termasuk persiapan penyusunan RPJMD, penyusunan rancangan teknokratik RPJMD, rancangan awal RPJMD, konsultasi publik KLHS, konsultasi publik rancangan awal RPJMD, penyampaian rancangan awal RPJMD ke DPRD Provinsi Sumut, dan terakhir acara kita hari ini,” ujar Ardan.

Acara Penajaman dan Sinkronisasi RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018-2023 diikuti oleh lebih kurang 200 orang peserta yang terdiri dari perwakilan unsur stakeholder termasuk diantaranya DPRD Provinsi Sumut, Staf Ahli Gubsu dan Asisten Setdaprovsu, OPD Pemprovsu, Perguruan Tinggi, akademisi, dewan riset daerah Provsu, serta Bappeda Provsu dan kabupaten/kota se Sumut.

Turut hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber yakni Kepala Bappeda Sumut Ir H Irman MSi, Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Kemendagri RI Budion Subambang ST MPA, Tim Ahli Penyusun RPJMD Provsu Tahun 2018-2023. Serta, Anggota DPRD Sumut Drs Ariday Tambunan MM.**

 

 

(Humas Provsu)-(Riva)

Tambahkan komentar


Kode keamanan
Refresh

Indeks Berita

© 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara