Kafilah Jawa Tengah, Riau dan Sumatera Barat Melaju ke Semifinal

Medan, 9/10 - Memasuki hari kedua Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ)-Fahmil Al-qur’an golongan putri MTQN XXVII tahun 2018 yang digelar di arena UIN Sumatera Utara, Senin (8/10/2018), meloloskan tiga kafilah asal Provinsi Jawa Tengah, Riau serta Sumatera Barat dan berhak melaju ke babak semifinal.

Penampil pembuka pada babak penyisihan grup ini adalah kafilah yang tergabung di grup VII asal Jawa Tengah dengan nomor peserta 019, disusul Provinsi Sulawesi Barat dengan nomor 021 serta kafilah asal Bengkulu dengan nomor 023.

Pada grup ini, Provinsi Jawa Tengah berhasil mengumpulkan  nilai tertinggi sebanyak 885 poin, disusul Sulawesi Barat dengan  nilai 515 serta Bengkulu dengan nilai 175.

Selanjutnya di grup VIII, perwakilan kafilah asal Provinsi Riau yang mendominasi jalannya lomba berhasil mengumpulkan nilai tertinggi 1275 poin. Dua regu lainnya asal Nusa Tenggara Timur (NTT) hanya mengumpulkan poin 745 dan Sulawesi Tengah 350 poin.

Kepada media, juru bicara peserta kafilah asal Riau, Ainul Mardiah menyebut, keberhasilan regunya melaju ke babak semifinal karena kekompakan timnya menjawab dengan baik seluruh pertanyaan dewan hakim.

“Alhamdulillah kami berhasil ke semifinal setelah hampir setahun lamanya kami mempersiapkan diri di Riau untuk cabang fahmil qur’an. Meskipun kami akui soal-soalnya lebih sulit, tapi kami melaluinya dengan baik,” jelas Mardiah yang diamini dua rekannya, Hasanatun Ahadiah dan Siti Munawaroh.

Sementara itu di grup IX golongan putri, terjadi persaingan sengit dan saling mengejar angka antara regu kafilah Sumatera Barat yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi 870, disusul  Sumatera Selatan 820 dan Kalimantan Utara 290.

“Lomba tadi berjalan sengit. Peserta asal Sumatera Selatan juga menjawab dengan baik dan menyusul perolehan nilai  kami. Alhamdulillah kami bisa meminimalkan kesalahan saat menjawab dan  menghindari pengurangan angka. Mudah-mudahan laga berikutnya kami bisa menjawab lebih baik,” ucap Arini Nasra yang tampil bersama saudara kembarnya Arini Nasra dan  Prima Miftahul Jannati.

Hingga hari kedua pelaksanaan MFQ-Fahmil Al-qur’an di sesi I, Senin siang (8/10/2018) sudah 9 regu kafilah yang dipastikan  tampil di babak semifinal, yakni 6 regu golongan putri, dan 3 regu golongan putra.

 

 

(Media Center MTQN 2018)

Tambahkan komentar


Kode keamanan
Refresh

Indeks Berita

© 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara