Gubernur Minta Museum Negeri Sumut Berbenah

Medan, 14/11 - Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi meminta Dinas Pariwisata Sumuit selaku pengelolaan Museum Negeri Sumatera Utara melakukan berbagai perubahan dan inovasi. Tujuannya agar museum bisa menjadi salah satu tujuan wisata andalan sekaligus pusat informasi tentang sejarah Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Gubsu saat membuka Pameran dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dengan Tema Semangat Pahlawan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan, Senin (13/11). Gubernur mengatakan Museum Negeri Sumut pernah mendapat penghargaan museum terbaik nasional pada tahun -tahun sebelumnya, karenanya sudah sepantasnya kondisi museum semakin baik lagi. “Harusnya lebih baik lagi, prestasi dipertahankan, jangan justeru semakin menurun,” harap Erry.

Di sela-sela kehadiran Tengku Errry di lokasi Museum yang terletak di Jalan Gedung Arca Medan tersebut, dia menyempatkan diri meninjau kondisi ruang-ruang dan display di dalam gedung museum. Tengku Erry memberikan tanggapan langsung terkait kondisi museum kepada Kepala Dinas Pariwisata Sumut Elisa Marbun. Dia juga meninjau ruang pameran peringatan hari Pahlawan yang terletak di ruang pameran temporer di lantai dua gedung museum dan di ruang pameran tetap di lantai satu.

“Museum ini pernah menjadi museum provinsi terbaik menjadi museum terbaik nasional pada tahun 2016  kategori museum provinsi. Saya berharap kondisi museum terus mengalami peningkatan agar dapat menjadi salah satu tujuan wisata andalan,” ujar Erry. Dia meminta penataan display museum agar diperbaiki agar lebih asri dan enak dipandang mata  sehingga lebih banyak mengundang pengunjung.  

“Mungkin bisa melibatkan konsultan yang berpengalaman dalam penataan museum sehingga bisa lebih baik tmpiannya, kesannya lebih asri dan enak dipandang, sehingga dapat lebuih banyak mengundang pengunjung,” pinta Gubsu Tengku Erry.

Sementara itu Elisa Marbun mengatakan pihaknya trerus mengupayakan peningkatan fasilitas penunjang dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta jumlah kunjungan di museum. “Perlu kami laporkan bahwa museum saat ini memiliki mini theatre untuk sarana informasi bagi masyarakat khususnya anak sekolahdan museum berbasis daring atau online,” ujarnya.

Kegiatan pameran dalam rangka hari Pahlawan sendiri dihadiri Konjen Malaysia Amrizal Fadzli Rajali, serta keluarga para pahlawan asal Sumut  diantaranya Letjen Jamin Ginting, FL Tobing, Amir Hamzah dan  lain sebagainya.  Pada pameran yang dilaksanakan selama sebulan itu ditampilkan foto, lukisan dan benda-benda berkaitan dengan sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. GUbsu dalam kesenpatan itu memberikan tali asaih kepada para pejuang serta bingkisan kepada keluarga para pahlawan nasional asal Sumut. 

Pameran tersebut digelar bekerjasama dengan Dewan Harian Daerah Badan Penggerak Pembudayaan Jiw Senmangat dan Nilai-ilai Kejuangan 45 Provsu, Museum Perjuangan TNI Kodam I/BB, Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting, Yayasan Mudeum Pers TWH, Ikatan Bentengn Huraba Brimob Podasu, Historical Sumut, LVRI, Persatuan Arek-arek Suroboyo dan Museum Tugu Pahlawan Nasional 10 November. 

 

 

(Humas Provsu)-(Riva)

Tambahkan komentar


Kode keamanan
Refresh

Indeks Berita

© 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
© 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara