Gubsu Harap Setiap SMA Miliki Grup Drum Band

Medan, 12/11 - Gubsu, Tengku Erry Nuradi meminta kepada setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumut dapat memiliki ekstra kurikuler drum band. Sehingga akan banyak generasi muda yang melakukan aktivitas positif dan diharapkan dapat terhindar dari kenakalan remaja juga hal-hal negatif seperti narkoba.

“Drum band merupakan ekstra kurikuler yang baik. Makanya ini harus kita dorong dan saya minta seluruh sekolah SMA harus memiliki grup drum band. Apalagi di Sumut ada 2.000 SMA negeri dan swasta. Kalau satu sekolah memiliki satu grup dengan anggota minimal 50 orang saja, sudah 100 ribu orang generasi muda yang melakukan hal positif,” ujar Gubsu di sela-sela Pembukaan Kejuaraan Daerah Drum Band Sumut memperebutkan piala Gubsu yang digelar oleh Pengurus Persatuan Drum Band Indonesia Sumut, di Stadion Mini Dispora, Minggu (12/11).
 
Erry meyakini dengan mengikuti kegiatan drum band maka kenakalan remaja akan dapat diminimalisir begitu juga dapat menghindarkan generasi muda kepada hal-hal negatif yakni narkoba.
 
“Kalau di setiap sekolah itu ada drum band, pasti pelajar kita akan berupaya untuk bisa masuk dalam keanggotaan dengan seleksi yang terbaik untuk 50 orang. Untuk anggaran pembinaannya ini saya sudah tanya kepada Kabid SMA Disdik Provsu, dapat dianggarkan dari dana BOS maupun dana bantuan lainnya. Saya akan mendorong hal ini,” ujar Erry.
 
Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis, Ketua Persatuan Drum Band Indonesia Sumut, Willer Pasaribu, mewakili Kadispora Provsu juga para pembina drum band se Sumut.
 
Lebih lanjut dikatakan Erry, Pemprovsu berkomitmen untuk memajukan setiap cabang olahraga di Sumut. Sebab dikatakannya setiap cabang olahraga yang memiliki 10 pengurus cabang di daerah maka sapat melakukan kejuaraan daerah memperebutkan piala Gubsu.
 
“Saat ini ada sebanyak 50 cabang olahraga. Kalau 30 cabang olahraga saja memiliki pengurus cabang di 10 daerah, maka kita perkirakan setiap bulan ada 2-3 kejuaraan daerah yang dapat digelar. Maka dalam setahun bisa mencapai 36 even kejuaraan,” ujar Gubsu.
 
Dikatakan Erry, even kejuaraan ini diklasifikasikan dengan dua penyelenggara bisa melalui Dispora maupun KONI Sumut. Kalau melalui Dispora maka digelar even untuk pelajar, sementara kalau dari KONI Sumut digelar even untuk prestasi. “Kita juga patut berbangga karena di PON yang lalu, drum band Sumut meraih dua medali emas, dua medali perak dan dua perunggu,” terang Erry.
 
Erry menyemangati agar seluruh atlit di Sumut dapat meraih prestasi yang lebih baik. Sebab, dikatakannya Pemprovsu sudah berkomitmen jika ada atlit yang berprestasi maka Pemprovsu akan memberikan bonus. Bahkan di tahun lalu bonus yang disediakan untuk atlit cukup besar yakni Rp23 miliar.
 
”Makanya kita minta kepada seluruh atlit di Sumut, tunjukkanlah prestasi mu maka kami akan memberikan hadiah terhadap prestasi yang diraih. Bahkan kita akan berupaya  untuk mengangkat atlit yang berprestasi bekerja di BUMD Sumut, maka tunjukkanlah prestasi, maka semua akan menghargai,” ujar Erry.
 
Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis mengatakan, even kejuaraan daerah memperebutkan piala Gubsu ini harus terus digelar. Apalagi, sebelumnya drum band Sumut sudah meraih prestasi yang gemilang di PON sebelumnya. Oleh karena itu diharapkan pada PON di Papua yang akan digelar pada 2025 mendatang, drum band juga dapat meraih prestasi.”Saya berpesan bertandinglah yang sportif dan jadilah atlit yang berprestasi,” kata Jhon.
 
Sementara itu, Ketua Persatiuan Drum Band Indoensia Sumut, Willer Pasaribu mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang telah mendorong kejuaraan daerah Drum Band di Sumut digelar.
 
“Ini merupakan kejurda kedua drum band yang digelar, agustus lalu sudah digelar Kejurda dengan diikuti sebanyak 35 unit dan tamu yang hadir sebanyak 3.000 orang. Untuk Kejurda kali ini diikuti sebanyak 25 unit dengan perkiraan tamu yang hadir baik peserta, pembina dan suporter mencapai 2.000 orang,” ujar Willer sembari mengatakan Kejurda Drum Band kali ini diikuti 8 kabupaten kota yakni Medan, Langkat, Deliserdang, Karo, Sergai, Tanjung Balai, Paluta dan Labura.
 
(Humas Provsu)-(Riva)

Tambahkan komentar


Kode keamanan
Refresh

Indeks Berita

© 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
© 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara